• Senin, 02 Maret 2015

    BEM INI DALWA

    "Media, antara Ancaman Degradasi Moral dan Peluang Dakwah Global"

    Media, antara Ancaman Degradasi Moral dan
    Peluang Dakwah Global

                Media sebuah kata yang ketika kita mendengar kata itu disebutkan pasti langsung membuat banyak hal mucul dipikiran kita dan anehnya pasti yang timbul kepermukaan adalah efek positif dan efek negatif dari media tersebut, karena memang belum pernah ada kata sepakat dari para pemuka agama, petinggi negara, dewan pakar ataupun rakyat biassa tentang efek yang timbul dari media, apakah menimbulkan efek negatif atau efek positif ?
                Sudah tidak asing lagi, bahwa media memang bak pisau bermata dua yang bisa menimbulkan manfaat atau malah melukai tangan kita sendiri artinya media tersebut disatu sisi bisa kita manfaatkan untuk sarana menggali informasi maupun pengetahuan, tapi di sisi lain media malah membuat kita terjebak di lubang kebodohan  , kemalasan ataupun jurang kehancuran , karena kita bisa mengambil informasi dari sumber yang tidak valid dan salah.
                Dari realita ini, maka dapat disimpulkan bahwa baik atau buruknya dampak dari media bergantung kepada siapa yang menggunakannya ketika si subjek adlah orang yang siap dengan gemerlapnya media, maka pasti dia bisa mengarahkan penggunaan media kearah  yang positif , tetapi sebaliknya jika media tersebut digubakan oleh orang yang salah , maka akan terjadi hal hal yang salah dan menimbulkan efek buruk bagi masyarakat.
                Fakta mengungkapkan, bahwa sekitar 80% remaja pernah membuka situs pornografi sehingga wajar saja saat ini para remaja mengalami degradasi moral yang sangat parah, hampir setiap hari pasti terjadi kasus pelecehan seksual, sekolah yang seharusnya menjadi pusat pendidikan akhir – akhir ini malah menjadi tempat yang membuat trauma korban – korban asusila, bahkan di pusat – pusat keramaian seperti bis dan kereta, para remaja mulai berani untuk berbuat tidak senonoh kepada penumpang lain. Selain itu banyak juga dari masyarakat yang belum siap dengan gelombang deras sosial media di era ini sehingga amat disayangkan kalau fasilitas yang ada malah hanya dijadikan tempat gosip pamer dan menggalau ria.
                Berangkat dari hal itu, maka perlulah adanya pelatihan – pelatihan , bagaimana agar media tersebut dapat digunakan sebagaimana  mestinya, karena pada media juga terdapat peluang besar untuk mengembangkan dakwah dan pergerakan kita, sehingga dengan media ini dakwah kita bisa menjadi lebih luas dan semakin banyak kelompok yang bisa mengambil manfaat dari media, bahkan salah satu ulama besar islam, abad ini Al Habib Umar bin Hafidz memiliki tim media sendiri untuk meliput dan menyediakan nasihat – nasihat dan ilmu agama di dunia maya.

                Bagaimanapun juga yang paling utama adalah mari kita bekali diri kita dengan ilmu dan akhlak, sehingga dalam permasalahan apapun kita bisa menjadi pihak yang pintar mengtambil manfaat dan bisa menjadi contoh positif bagi masyarakat di segala bidang.

    BEM INI DALWA

    About BEM INI DALWA

    Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

    Subscribe to this Blog via Email :