• Sabtu, 11 April 2015

    BEM INI DALWA

    NAMA NAMA LAIN BULAN ROMADHON


               Assalamualaikum para pembaca yang di rahmati Allah SWT, sebentar lagi kita akan memasuki bulan romadhon, sebelum memasukinya kita cari tahu asal usul tentang semua yang berkaitan dengan puasa, masalah hukum maupun hal unik lain tentang bulan ramadhan
    , Langsung aja ya gan:
    Yang pertama penyebutan Marhaban ya Ramadhan, kita pasti sering mendengar kalimat itu dan juga sering melihatnya terpampang di brosur, pamflet, banner, spanduk dll, tapi apa sih makna dari kalimat tersebut ? 
    Marhaban diambil dari kata rohiba yang artinya menyambut hangat tamu, karena itu maksud dari kata marhaban ya ramadhan adalah kita harus menyambut ramadhan dengan penuh hangat dan suka cita.
    Dan yang kedua adalah nama lain dari bulan ramadhan,  bulan puasa mempunyai nama lain yang pastinya mengandung sejuta arti dan hikmah, berikut nama-nama lain dari ramadhan yang diambil dari al qur’an dan hadis:
    1.Syahrul Maghfiroh (Ampunan)
    Dinamakan dengan bulan Maghfiroh karna Allah SWT mengampuni hambanya dengan dalil hadist Nabi SAW “Barang siapa yang berpuasa dengan penuh iman dan Ikhlas karna Allah SWT, akan di ampuni dosanya yang terdahulu”. Dan dalam hadist yang lain dikatakan “permulaan bulan puasa adalah Rahmah,pertengahannya adalah Ampunan,dan akhirnya adalah bebas dari neraka.”
    2.Syahrul Jihad Wal Falah (jihad dan kemenangan)
    Dinamakan dengan bulan jihad karna pada bulan itu kita melawan hawa nafsu kita dari segala yang hal seperti:makan,minum,dll.dan di dalam sejarah tertulis kaum muslim mendapatkan kemenangan pada perang badar di waktu bulan romadhon.
    3.Syahrul Sobr (kesabaran)
    Karena di riwayatkan dalam suatu hadis:Bulan romadhon bulan Sabar dan sabar ganjarannya adalah surga. Karna pada bulan itu kita harus menahan diri dari amarah dan dari hal hal yang membuat kita emosi.di dalam hadist:puasa adalah perisai hati,apabila ada yang menghina,mencacimu maka katakanlah:aku sedang puasa.
    4.Syahrul  Qur’an
    Karna pada bulan itu Al qur’an diturunkan dengan berdasarkan dalil ayat al qur’an:Bulan romadhon yang diturunkan didalamnya Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan penjelasan dari petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan salah). ( Al Baqoroh  185 ).dan Ibnu Abbas Ra berkata : Rasulullah SAW adalah manusia paling pemurah,terlebih lagi pada bulan romadhon,yakni bulan saat beliau di datangi malaikat jibril As setiap malam untuk melakukan tadarus Qur’an,bila berjumpa  lagi dengan jibril,Rasulullah lebih pemurah lagi.
    5.Syahrur Rahmah (kasih sayang) 
    Karna pada bulan itu kita di haruskan mengeluarkan zakat untuk faqir miskin sebagai tanda kasih sayang kita pada sesama muslim dan saling memberi bagi yang membutuhkan.hikmah dari ini adalah agar kita bisa merasakan apa yang dirasakan oleh saudara kita yang dalam segi ekonomi tidak bersahabat dengan keadaan mereka.
    6.Syahrul Ibadah
    Karna pada bulan itu kuantitas muslim selama bulan puasa full dengan ibadah,dari sebelum subuh ada sahur yang mana Rasulullah SAW mengatakan:di dalam sahur ada keberkahan,setelah subuh ada puasa dan ibadah yang wajib,magrib ada berbuka setelah berbuka solat terawih dan witir.dan memperbanyak membaca Al Qur’an,
    di dalam hadist dikatakan;pahalanya perkara yang wajib di lipatkan gandakan menjadi 70 kali pahala mengerjakannya di selain bulan romadhon.pahalanya perkara sunnah seperti pahalanya perkara yang wajib di selain waktu puasa
    7.Syahrul Tarbiyah (pendidikan)
    Karna pada bulan itu kita harus menganmbil pelajaran dari semua hal,lapisan masyarakat yang miskin,kaya,dll.hikmah dari puasa.dan juga pada bulan itu Al Qur’an di turunkan dan ayat pertama adalah Iqro yang artinya bacalah,maksudnya kita diharuskan memperbanyak membaca.
    8.Syahrul mubarok(berkah)
    Di dalam hadis dikatakan:pada bulan puasa ada banyak keberkahan.karna dari pagi hingga malam berkah menyebar dari segala hal yang kita laksanakan.
    9.Syahrul Ju’ud (pemurah)
    Dianjurkan setiap muslim  memperbanyak bersedekah pada bulan ini.di dalam hadist di katakana : Rasulullah SAW di Tanya :sedekah manakah yang paling Afdol? Rasulullah SAW menjawab : sedekah di bulan romadhon.(riwayat Tirmidzi)
    Mungkin ini aja dulu gan semoga bermanfaat ya,jangan lupa di amalin ya karna ilmu dan faedah yang telah kita dapatkan tidak ada gunanya kalau tidak di amalkan.WASSALAM

    Ja'far Al-Haddar

    Sumber : Al Qur’an dan Hadist, kitab nasoihud diniyah,kitab sohihain,tafsir jalalain.

    BEM INI DALWA

    About BEM INI DALWA

    Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

    Subscribe to this Blog via Email :